Mengenal MySQL

MySQL adalah suatu sistem manajemen database. Suatu database adalah suatu koleksi data terstruktur. Data tersebut dapat berupa apa saja, dari list sederhana sampai sebuah galeri gambar. Untuk menambah, mengakses, dan memproses data yang tersimpan dalam sebuah database, dibutuhkan suatu sistem manajemen database seperti halnya MySQL.

Selain itu MySQL adalah suatu sistem manajemen database relasional. Suatu database relasional yang menyimpan data dalam tabel yang terpisah. Hal ini menambah kecepatan dan fleksibilitas. Tabel-tabel tersebut terhubungkan oleh suatu relasi terdefinisi yang memungkinkan memperoleh kombinasi data dari beberapa tabel dalam suatu permintaan.

MySQL adalah perangkat lunak open source. Open source berarti dapat digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja. Semua orang dapat men-download MySQL dari internet dan menggunakannya secara gratis. Untuk administrasi database, seperti pembuatan database, pembuatan tabel, dan sebagainya, dapat digunakan aplikasi berbasis web seperti phpMyAdmin. Pada MySQL menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) yang merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengakses database (Suwarno, 2008).

Berikut ini adalah manfaat dari My SQL adalah sebagai berikut:
  1. MySQL merupakan program yang multi-threaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multi-CPU.
  2. Didukung program-program umum seperti C, C++, Java, Perl, PHP, Python, TCL APIs dls.
  3. Bekerja pada berbagai platform (tersedia berbagai versi untuk berbagai sistem operasi).
  4. Memiliki jenis kolom yang cukup banyak sehingga memudahkan konfigurasi sistem database.
  5. Memiliki sistem sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host.
  6. Mendukung ODBC untuk sistem operasi Microsoft Windows.
  7. Mendukung record yang memiliki kolom dengan panjang tetap atau panjang bervariasi dan masih banyak keunggulan lainnya
  8. MySQL merupakan software yang free, dan bisa di download di www.mysql.com. Sedangkan software database lainnya seperti ORACLE, SQL Server merupakan software yang harus di beli.
MySQL dan PHP saling terintegrasi. Maksudnya adalah pembuatan database dengan menggunakan sintak PHP dapat di buat. Sedangkan input yang di masukkan melalui aplikasi web yang menggunakan script server-side seperti PHP dapat langsung dimasukkan ke database MySQL yang ada di server dan tentunya web tersebut berada di sebuah web server.

Comments