MARI BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN C#

Sebelum kita mulai bagaimana cara membuat coding menggunakan C# alangkah baiknya kita cari tau dulu apa si C#?

Menurut wikipedia 
C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti JavaDelphiVisual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar. Untuk lebih jelasnya bisa klik link berikut.

Oke, setelah kita tau apa sih C# dan sejarahnya dan lain-lainya, sekarang kita mulai membuat aplikasi yang pertama. Nama aplikasi yang pertama ini, kita beri nama "Hello Guys" karena biasanya "Hello Word" sudah terlalu banyak digunakan kalo bahasa sekarang sudah terlalu mainstream,hehehe...

Pertama install dulu visual studio teman, kalo sudah buka VS(visual studio)-nya, pada kasus ini saya menggukan visual studio 2012.
- pada menu bar pilih File, New, Project => New Project dialog box akan terbuka
- kemudian expand Templates, expand Visual C#, dan pilih Consule Application
- pada bagian Name isi saja dengan nama project kita tadi HelloGuys
- selanjutnya klik ok
- maka akan muncul code editornya
- pada code editor ketik contoh code dibawah ini
- untuk menjakan programnya bisa klik debug atau tekan F5.
- hasil dari run project-nya


sekian dulu teman tutorialnya semoga bermanfaat.

Comments