APA ITU KECERDASAN BUATAN?

Kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) adalah ide-ide untuk membuat suatu perangkat lunak komputer yang memiliki kecerdasan sehingga perangkat lunak komputer tersebut dapat melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh manusia (Artanti, 2004). Sedangkan menurut Martiana (2008), kecerdasan buatan adalah suatu studi yang mengupayakan bagaimana agar komputer berlaku cerdas, membuat komputer dapat menyelesaikan persoalan yang sulit, dan teknologi yang mensimulasikan kecerdasan manusia, yaitu bagaimana mendefinisikan dan mencoba menyelesaikan persoalan menggunakan komputer dengan meniru bagaimana manusia menyelesaikan dengan cepat.  Cara kerja kecerdasan buatan adalah menerima input, untuk kemudian diproses dan kemudian mengeluarkan output yang berupa suatu keputusan.

Kecerdasan Buatan memiliki beberapa kelebihan yaitu (Christanty, 2008):
  1. Kecerdasan buatan lebih permanen, sedangkan kecerdasan alami dapat mengalami perubahan, ini dikarenakan faktor sifat manusia yang mudah lupa.
  2.  Kecerdasan buatan lebih mudah untuk diduplikasikan dan disebarkan.
  3.  Kecerdasan buatan lebih konsisten.
  4.  Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan.
  5.  Kecerdasan buatan lebih murah daripada kecerdasan alami.
 Implementasi dari kecerdasan buatan saat ini dapat ditemui dalam bidang-bidang antara lain:

  1.  Fuzzy logic: suatu metode kecerdasan buatan yang banyak terdapat pada alat elektronik dan robot. Dimana alat-alat elektronik atau robot tersebut mampu berpikir dan bertingkah laku sebagaimana layaknya manusia.
  2.  Computer vision: suatu metode kecerdasan buatan yang memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai inputnya. Contohnya adalah mengenali dan membaca tulisan yang ada.
  3.  Artificial intelligence dalam game: suatu metode kecerdasan buatan yang berguna untuk meniru cara berpikir seorang manusia dalam bermain game. Contohnya adalah program Deep Blue yang mampu yang mampu berpikir setara seorang grandmaster catur.
  4.  Speech recognition: suatu metode kecerdasan buatan yang berguna untuk mengenali suara manusia dengan cara dicocokkan dengan acuan atau pattern yang telah diprogramkan sebelumnya. Contohnya adalah suara dari user dapat diterjemahkan menjadi sebuah perintah bagi komputer.
  5.  Expert system: suatu metode kecerdasan buatan yang berguna untuk meniru cara berpikir dan penalaran seorang ahli dalam mengambil keputusan berdasarkan situasi yang ada.

Comments